.:

Minggu, 23 Januari 2011

Dulang Bali Kuno

Dulang Bali Kuno

Anda pasti bingung melihat meja ini, sama halnya dengan saya waktu itu, kalau saya tidak melihat sendiri saya juga pasti bingung karena apa kegunaan dari meja kecil seperti ini, ukurannya yang pendek tidak seperti ukuran meja pada umumnya. Saya melihat meja ini pertama kali di Galeri barang antik di Bali, digunakan oleh si Kolektor untuk meletakan barang-barang pribadinya.

Bentuknya yang unik dengan hiasan ala Bali serta catnya yang beraneka warna seketika saja menarik perhatian saya, menurut penjelasan si Kolektor bahwa meja ini di sebut ‘Dulang’ biasa digunakan untuk meletakkan sesajen bagi masyarakat Bali. Menurutnya, apabila saya tertarik untuk memiliki Dulang, maka saya bisa mendapatkannya dibanyak tempat di Bali karena memang Dulang sampai dengan saat ini masih terus diproduksi. Mengingat Bali yang terkenal dengan adat budaya dan tradisinya yang sangat kental apalagi yang berhubungan dengan upacara adat maka Dulang merupakan prasarana yang selalu digunakan setiap hari sehingga telah menjadi kebutuhan yang sangat primer dikalangan masyarakat Hindu di Bali, tambahnya lagi.

Pada awalnya Dulang ini adalah koleksi pribadi dan tidak untuk dijual karena menurut si Kolektor tersebut Dulang yang dimilikinya ini adalah Dulang Kuno peninggalan dari keluarganya dan sudah berusia ratusan tahun. Memang kalau dilihat dari bentuknya sendiri sudah tidak bisa dibilang mulus dimana catnya yang sudah mulai memudar dan ada gompel dibeberapa bagian pinggir Dulang tersebut, tetapi justru karena kuno nya itulah yang membuat saya tertarik.

Lagi-lagi bukan saya namanya kalau tidak tertarik untuk memiliki Dulang kuno ini, maka dengan segala upaya dan tentunya tidak sedikit kocek yang harus saya keluarkan akhirnya Dulang Bali Kuno ini berhasil saya miliki, sekarang Dulang ini saya gunakan sebagai meja kecil di ruang keluarga Roemah Tempo Doeloe kami..

~ PRIVATE COLLECTION ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...