.:

Senin, 17 Januari 2011

Mesin Jahit Engkol

Mesin Jahit Engkol

Terus terang saya tidak mempunyai pengetahuan sama sekali mengenai mesin jahit terlebih lagi yang modelnya kuno seperti ini dimana masih menggunakan sistem engkol dan tidak ada mejanya, yang jelas mesin jahit antik ini telah menggelitik rasa ingin tahu saya untuk mencari informasi perihal asal usulnya. Yang membuat saya hampir frustasi adalah tidak ditemukannya merk pada mesin jahit antik ini, hanya terlihat ada lubang bekas baut untuk menempelkan merk di badan mesin.
 
Bukan saya namanya kalau tidak penasaran, setelah saya cari tahu melalui internet ternyata ada mesin jahit yang bentuknya mirip sekali dengan mesin jahit engkol ini, menurut artikel yang saya baca bahwa mesin jahit engkol tersebut dibuat oleh perusahaan Katz Brother yang berdiri pada tahun 1864, dimana pendirinya adalah orang berkebangsaan Jerman bernama Katz, setelah terjadi perang dunia ke-I yaitu pada tahun 1906 Katz wafat. Kemudian pada tahun 1922 perusahan tersebut berganti nama karena telah terjadi perubahan kepemilikan. Itu saja informasi yang saya dapatkan, sepertinya saya harus cukup puas dengan informasi sekedarnya ini.

Mesin jahit engkol ini saya temukan diantara banyaknya barang-barang antik di toko jadoel sekitar tempat tinggal saya, terbuat dari besi beralaskan kayu jati tua dan masih dalam keadaan lengkap serta orisinil bahkan keramik pada bagian engkolnya pun masih ada. Hebatnya lagi mesin jahit engkol ini masih dapat diputar dengan baik dan bila dipasangkan jarum serta benang mesin ini masih dapat digunakan yakin si penjual kepada saya.


Dasar mata saya ini tidak bisa melihat barang antik, langsung saja saya bawa pulang mesin jahit engkol ini untuk menghiasi salah satu sudut Roemah Tempo Doeloe kami..

Status: S O L D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...