.:

Senin, 17 Januari 2011

Villa Gedong Poetih

Villa Gedong Poetih Didirikan Tahun 1982

Gazebo Teras Belakang Roemah Tempo Doeloe
Roemah Tempo Doeloe ini berdiri kokoh selama lebih dari 29 tahun diatas lahan seluas 2,000 m. Hal ini terlihat dari beberapa kusen jendela & pintunya yang terbuat dari kayu jati tua yg telah mengalami proses erosi alam. Seluruh cat pada bangunan ini sebelumnya berwarna putih maka tidak heran kalau masyarakat sekitar menyebut rumah berarsitektur jengki ini sebagai 'Villa Gedong Poetih'.

Ciri khas yang paling menonjol dari roemah ini adalah ventilasinya yang berbentuk segi lima, yang merupakan salah satu ciri khas dari rumah berarsitektur jengki. Jengki berasal dari kata yankee atau warga orang Amerika. Arsitektur jengki adalah contoh langgam modern yang ada di Indonesia sekitar tahun 1945-1960 an. Gaya ini sangat unik dan khas karena keberanian dan ‘kegilaan’nya lewat permainan bentuk-bentuk geometris yang mengejutkan. Sebuah kebebasan berarsitektur di Era Modern Indonesia.

Pada awalnya roemah ini dimiliki oleh sepasang suami istri berkebangsaan Amerika yang menyusung rumah kebun dimana roemah ini memiliki banyak ventilasi dan halaman yang luas.

Sejak tahun 2006 Villa Gedung Poetih ini telah beralih kepemilikannya. Tidak banyak perubahan yang dilakukan terhadap roemah ini selain mengganti atap yang sebelumnya menggunakan sirap menjadi genteng plentong dilengkapi dengan nok dan mahkota berornamen Bali mengikuti keinginan pemiliknya yang baru untuk menjadikannya Roemah Tropikal bernuansa Bali.

Di Roemah Tempo Doeloe inilah kami sekeluarga menetap, berlindung dari teriknya matahari dan dinginnya hujan. Semoga roemah ini akan memberikan kebahagiaan bagi kami sekeluarga. Amiin YRA...

Status: PRIVATE COLLECTIONE

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Rmhnya bagus, koleksinya bagus2 jg.

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...