.:

Selasa, 18 Januari 2011

Jam Dinding Junghans

Jam Dinding Junghans 3 lubang buatan tahun 1940-an

Jam dinding Junhans buatan Jerman ini memiliki 5 senar baja dengan sistem putar dan berdentang setiap 1/4 jam, keistimewaan dari jam dinding ini selain seluruh materialnya yang masih orisinil juga karena jam ini adalah jam mekanis, alias jam yang sama sekali tidak menggunakan listrik ataupun komponen elektronika seperti baterai. Saya pribadi sangat mengagumi mekanisme kerja jam mekanik yang bisa dibilang tidak sederhana, memerlukan perhitungan dan ketepatan yang prima guna membuat gir-gir kecil didalamnya bisa berputar dan bersinergi secara harmonis dengan puluhan komponen lainnya sehingga menghasilkan presisi yang tinggi.

Menurut artikel yang pernah saya baca bahwa ketepatan dan kualitas seluruh jam yang diproduksi oleh Junghans dipasaran memperoleh penghargaan yang sangat tinggi dari para customer nya serta sangat diminati oleh para penggemar jam. Pabrik Junghans didirikan pada 1861 oleh Erhard Junghans bersama Jacob Zeller, pada mulanya hanya memproduksi komponen-komponen dari jam lain yang sudah ada di pasaran, selanjutnya pada 1866 baru mulai memproduksi jam secara lengkap. Diteruskan oleh anaknya pada 1875, Arthur Junghans menciptakan berbagai macam inovasi baru yang semakin memperkokoh posisi jam Junghans di pasaran saat itu, hingga mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1903 dengan 3000 pekerjanya berhasil memproduksi 3 juta jam setiap tahunnya. Bahkan saat ini pabrik pertama mereka dijadikan museum dan peninggalan artifak di Jerman.

Jam dinding legendaris ini dibuat pada tahun 1940-an, dihiasi dengan lukisan motif bunga mawar di sekeliling pinggiran platnya membuat jam dinding ini semakin cantik dan unik, plat dan bandul terbuat dari kuningan yang terlihat sudah rastik terlindung aman didalam kotak kayu jati tua berwarna gelap, kaca pada pintunya pun orisinil dengan ornamen bevel berbentuk bintang semakin menambah kesan vintage. Jam dinding ini masih berfungsi dengan normal dan mengeluarkan suara yang lembut, bukan sekedar dentang akan tetapi memiliki irama yang sangat indah dengan ciri khas tersendiri. Bahkan ada sebagian orang menyebutkan bunyi dentangnya sangat "berwibawa" seperti membawa suasana puri atau kastil kedalam rumah.

Yang jelas bagi saya ada kebanggaan tersendiri dengan memiliki jam dinding legendaris ini terlebih lagi dentangnya yang indah nan lembut dapat merubah suasana Roemah Tempo Doeloe kami..

~ PRIVATE COLLECTION ~

1 komentar:

Anonim mengatakan...

permisi, saya punya jam Grandfather Junghans antik, sampai bandulnya sendiri cuman berbentuk tabung standar,tidak ada hiasan apapun.full digerakkan oleh mekanik beban bandul.
saya tawarkan kepada saudara peninggalan orangtua saya. posisi di bandung

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...