.:

Minggu, 10 April 2011

Si Cantik Enamel Merah Ku

Peralatan Dapur Enamel Merah

Ini dia koleksi saya yang paling mencolok mata dan ramai, bukan saja bunyinya yang ramai kalau dipukul tapi juga ramai dengan aneka rupa dan bentuknya, pasti didalam hati Anda pun akan menyetujui apa yang saya katakan ini. Mengumpulkan aneka rupa bentuk peralatan dapur yang terbuat dari bahan enamel ini cukup bikin pusing kepala juga loh, bukan hanya dari besarnya kocek yang harus saya keluarkan tetapi juga saya harus jeli mencarinya dari setiap kolektor barang antik maupun enamel milik keluarga yang sudah masuk gudang alias pensiun. Belum lagi saya juga harus bisa membedakan mana enamel buatan lokal, China maupun Eropa, nah untuk enamel koleksi saya ini kebanyakan yang berasal dari Eropa selain warna-warnanya lebih cerah, bentuknya pun lebih indah serta jauh lebih tahan lama dan tebal, selain daripada itu hampir seluruh peralatan enamel koleksi saya ini usianya tidak bisa dibilang muda lagi loh bahkan ada yang hampir seusia Ibu saya.

Mungkin Anda juga sama dengan saya yang awalnya tidak mengerti apa itu enamel, menurut artikel yang pernah saya baca bahwa Istilah ‘enamel’ adalah suatu teknik dekorasi yang meleburkan bubuk kaca diatas lempengan besi-baja bermutu tinggi pada sebuah oven dengan temperatur tinggi. Bubuk tersebut kemudian mengurai hingga menyatu dan menjadi keras. Pembuatan barang enamel harus dilakukan secara khusus, diawali dengan mengaplikasikan desain menjadi stensil (alat merekam) atau screen per-warna (disesuaikan oleh desain) kemudian disablon ke lempengan besi dengan penggunaan cat bakar atau cat khusus enamel (berbentuk butiran atau cairan) dan dipanaskan dengan temperatur tinggi antara 760°C – 850°C. Proses sablon dan pemanasan dilakukan berulang-ulang menurut desain (warna) yang ingin dihasilkan, diawali dari warna cerah/kuat karena paling banyak menerima pembakaran dan diakhiri dengan warna lembut untuk menghindari warna akan pudar atau hilang. Barang enamel memiliki ketebalan 2-3 milimeter, dengan karakteristik warna yang sangat kuat serta tahan lama.

Awal saya mulai mengkoleksi peralatan dapur dari bahan enamel yang cantik ini juga lucu karena Suami saya sempat bingung, Beliau pikir koq hobi istrinya bukan makin baik malah makin parah kalau dulu-dulu hanya mengumpulkan barang-barang tempo doeloe yang berupa furnitur atau pecah belah koq sekarang jadi pengumpul 'kaleng rombeng' dan sudah berkarat pula. Tetapi pada akhirnya pas waktu Suami saya mau melakukan pemotretan untuk koleksi peralatan enamel saya keluarlah kata-kata pujian dari Beliau, satu kalimat yang diucapkannya adalah “bagus ya koleksi enamel Mama”, waah senangnya hati ini mendapat pujian dari Suami tersayang. Nah oleh karena itu, makanya saya makin hari makin sayang saja dengan Suami saya ini, Beliau tidak pernah melarang atau membatasi hobi saya (tentunya yang positif yaa..) apalagi menurut Beliau orang yang mempunyai hobi itu adalah orang yang berbahagia karena bisa menjadi senang karenanya..

Koleksi "Si Cantik Enamel Merah Ku" terdiri dari:
  • Baking Pan Enamel Merah Dia: 19cm Tinggi: 12cm
  • Cangkir Tanpa Tutup Enamel Merah Dia: 9cm Tinggi: 9,5cm
  • Centing Nasi Enamel Merah : S O L D
  • Ceret Kecil Enamel Merah : S O L D
  • Kompor Mini Enamel P: 14cm L: 16cm T: 9cm S O L D
  • Panci Susu Enamel Merah Dia: 18cm Tinggi: 11cm : S O L D
  • Poci Kecil Enamel Merah : S O L D
  • Rantang Bsr 5 Ssn Enml Mrh Dia: 17cm T: 35cm : S O L D
  • Rantang Kecil 5 Susun Enamel Merah Dia: 16cm Tinggi: 30cm
  • Rantang Nanggung 5 Susun Enamel Merah Dia: 18cm T: 33cm
  • 10pcs Sendok Bebek Enamel Merah : 4pcs S O L D
  • Set 5pcs Panci + Tutup Enamel Merah : S O L D
  • Wajan Tangkai Enamel Merah Dia: 21cm : S O L D
Mobile: 082-111-011-968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...