.:

Kamis, 07 April 2011

'Gustav Becker' Grandfather Clock

'Gustav Becker' Grandfather Clock, Germany, 1860-an

Mungkin sampai dengan hari ini merk jam yang tertua adalah Gustav Becker karena sudah lebih dari 150 tahun. Gustav Becker sendiri lahir pada tahun 1819 dan berasal dari Jerman, dia dilatih sebagai pembuat jam di Germany dan Austria hingga akhirnya dikenal oleh dunia atas pekerjaannya yang halus. Workshop Gustav Becker yang pertama kali dibuka adalah di Freibur, Silesia, Germany pada tahun 1850. Telah banyak penghargaan dan medali yang diraih sepanjang karirnya atas keahlianya dalam membuat dan mendesain jam mekanik, hingga akhirnya initial namanya G.B. menjadi trade mark untuk jam yang diproduksi oleh Gustav Becker. Jam buatan Gustav Becker dikenal karena pekerjaannya yang sangat halus dan presisi bahkan setiap jam yang diproduksi Gustav Becker akan sangat bernilai bila dibandingkan dengan beberapa merk jam terkemuka lainnya. 

Walaupun Gustav Becker hanya hidup sampai dengan tahun 1885, namun trade mark Gustav Becker tetap masih terus digunakan sampai dengan tahun 1935. Bahkan merk-merk jam terkenal lainnya seperti Junghans, Lenzkirch, Hamburg American dan lainnya telah mengadopsi keahlian yang diterapkan oleh Gustav Becker dan masih terus berproduksi hingga hari ini. Sampai dengan saat ini jam keluaran Gustav Becker masih terus menjadi incaran para kolektor jam di seluruh dunia.

Cerita diatas adalah artikel yang saya dapatkan mengenai sekelumit perjalanan Gustav Becker, nah koleksi Grandfather Clock saya yang satu ini adalah merupakan salah satu mahakarya dari Gustav Becker dimana jam ini diperkirakan dibuat pada tahun 1860-an yaitu di masa-masa awal Gustav Becker mulai membuat Grandfather Clock. Tampilannya yang sangat antik dengan desain Art Nouveau semakin membuat jam legendaris ini terlihat kuno dan antik, bahkan kalau Anda perhatikan pada jam tersebut terdapat tulisan 'Horlogerie Stocker Bandoeng' yang merupakan toko jam yang menjual segala macam arloji dan jam dengan kualitas atas di jalan Braga, Bandung. Toko yang dimiliki oleh dua orang berkebangsaan Swiss, yaitu H.P.Stocker dan P.E. Huber ini didirikan pada tahun 1926.

Jam berbandul dua dan menggunakan sistem kumparan ini memiliki dentang yang sangat khas dan dentangannya ini betul-betul mencerminkan jaman dahulu kala yaitu tidak ada irama hanya dentang jam yang sangat keras dan bergema.Yang jelas bila mendengar dentang yang dihasilkan oleh Grandfather Clock legendaris Gustav Becker ini saya serasa berada di abad ke 18..

Status: S O L D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...