.:

Kamis, 07 April 2011

Pedang Lapis Emas Antik Burma









Pedang Lapis Emas Antik Burma


Tidak ada kata lain yang bisa melukiskan sepasang Pedang Lapis Emas Antik Burma ini selain cantiiiiikkk... Sangat bertolak belakang dengan kegunaan dari pedang itu sendiri bukan, jaman dahulu pedang ini digunakan sebagai alat membela diri dikala terjadi perang tetapi melihat tampilannya yang sungguh cantik rasanya koq sayang banget yaa kalau pedang secantik ini digunakan untuk berperang.

Pedang ini adalah milik Suami saya dibelinya pada saat Beliau masih tinggal di Burma sekitar tahun 1980-an, keunikan dari pedang ini selain cantik juga sarung dari pedang ini dilapisi emas betulan loh bukan sepuhan dan ditaburi banyak batu permata, serta yang lebih unik lagi pada sepanjang mata pedang terdapat ukiran khas Burma yang sungguh indah, coba deh di lihat detail ukirannya cantiiiik sekali kaan. Hanya sayang yaa mungkin karena usia sehingga sudah ada beberapa bagian emasnya yang terkelupas.

Di Burma itu sendiri memang terkenal dengan seni ukir, batu permata dan logam mulianya seperti emas, Burma juga dikenal dengan sebutannya sebagai negeri seribu pagoda, karena di negeri ini sangat banyak dan mudah dijumpai kuil-kuil suci Budha. Seni dan Budaya Burma sangatlah terkenal terlebih lagi seni pahatnya yang diketahui memiliki ciri khas tersendiri. 

Bahkan ada satu patung Budha raksasa yang dilapisi emas. Nah konon kabarnya emas yang digunakan untuk melapisi patung tersebut berbentuk seperti kertas kecil yang ditempelkan kepada patung yang akan dilapisi, terus satu persatu dilakukan dengan sangat teliti hingga seluruh permukaan patung tertutup oleh lapisan emas dan kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya apabila ada bagian emas yang sudah mengelupas. Nah menurut Suami saya emas yang digunakan untuk melapisi sepasang pedang koleksinya ini pun menggunakan jenis emas seperti yang digunakan untuk melapisi patung Budha tersebut.

Pokoknya secara keseluruhan sepasang Pedang Lapis Emas Antik Burma ini sangat-sangat cantik, saya koq setiap melihat pedang ini jadi teringat kisah kerajaan Sriwijaya pada masa kejayaannya.. 



Mobile: 082-111-011-968
-SOLD-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...