.:

Minggu, 13 Maret 2011

Patung Venus de Milo

Venus de Milo

Tidak ada maksud pornography looh... Ini hanya lebih kepada seni patung jaman Yunani Kuno..

Saya sangat menyukai patung ini, terkenal dengan sebutannya Venus de Milo, patung ini dipercaya menggambarkan Dewi Aphrodite (Dewi Venus untuk versi Romawi), Dewi cinta dan kecantikan dari Yunani. Memang tidak salah kalau dibilang Dewi Venus sangat cantik, bahkan saya saja tidak bergeming bila memandang patung Venus de Milo ini terpaku karena kecantikannya.

Venus itu sendiri merupakan objek paling populer di dalam lukisan zaman Renaisans. Dengan konsep awalnya yang menawarkan kecantikan alami, kita bisa mengenalinya dari bentuk-bentuk dalam ketelanjangan. Sebagai dewi pengobatan seksual, presentasinya dalam bentuk telanjang bisa dianggap cocok, yang kemudian menjadi inspirasi bagi kebanyakan seniman masa itu. Hingga masa kini, image wanita dalam ketelanjangan akan selalu mengacu kepada Dewi Venus. Salah satu contoh karya dalam bentuk Dewi Venus adalah patung ini yaitu Venus de Milo.

Asli dari Patung Venus de Milo saat ini ditempatkan di museum Louvre di Paris, diperkirakan dibuat pada tahun 130 hingga 90 SM dan kemungkinan besar patung ini diciptakan oleh Alexandros of Antioch, diketahui pula bahwa ia membuat banyak patung untuk Alexander the Great. Sebelum patung ini ditempatkan di museum Louvre di Paris, dahulu patung ini secara tidak sengaja ditemukan di ladang seorang petani. 

Saya mendapatkan patung Venus de Milo dari Ibu Mertua saya yang memang juga menyukai barang-barang antik, menurut Beliau patung ini didapatkan pada saat Beliau masih bertugas di Moscow. Sekarang patung ini saya letakan diatas meja rias kamar tidur saya, untuk sekedar mengingatkan betapa cantiknya Dewi Venus ini setiap kali saya memandangnya..

~ PRIVATE COLLECTION ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...