.:

Kamis, 17 Februari 2011

Vintage Russian Samovar # 1

Vintage Russian Samovar # 1
Russian Family using Samovar in 1920
Budaya Minum Teh & Samovar di Rusia

Apakah Anda sudah pernah melihat benda ini sebelumnya? Jujur nih yaa, terus terang saya mengenal benda ini setelah saya menikah itupun diperkenalkan oleh Ibu Mertua saya, awalnya saya mana mengerti benda-benda yang berbau Eropa apalagi "Samovar from Russia", sumpah seumur hidup saya baru pertama kali saya melihat benda super aneh ini (koq norak banget ya saya nih..). Jadi ternyata berdasarkan penjelasan Ibu Mertua saya dan sedikit tambahan informasi dari Suami saya bahwa benda ini yang dinamakan Samovar yang sangat terkenal dan termasuk must have item in Russia.

Menurut sejarah yang pernah saya baca bahwa Samovar pertama kali dibawa oleh bangsa Mongolia ke Rusia pada pertengahan tahun 1700-an. Seiring dengan diperkenalkannya budaya minum teh maka keberadaan Samovar ini pun semakin populer sebagai wadah logam yang digunakan untuk mendidihkan air yang bisa langsung diambil airnya melalui kran. Samovar sendiri berarti "self-boiler" dalam bahasa Rusia, Samovar sangat terkenal bahkan keberadaannya melambangkan budaya Rusia dan sudah merupakan pemandangan yang akrab bahwa di setiap Restoran, Rumah, dan bahkan di Kereta Api Trans-Siberia pasti ada Samovar. Saat ini, Samovar lebih banyak ditemukan di Musium-Musium dan Toko Barang Antik.

Nah begitulah awal perkenalan saya dengan Samovar antik ini, coba Anda perhatikan photo Samovar koleksi saya disitu tertera tulisan bahasa Rusia yang saya tidak mengerti apa artinya tapi yang jelas ada tertulis tahun 1945 – 1985 yang artinya mohon maaf saya juga tidak mengerti.. Ternyata ada teman baru saya yang berbaik hati menanyakan arti dari tulisan pada Samovar milik saya ini kepada Ayahnya yang kebetulan memang sudah lama tinggal di Rusia dan Istrinya pun berasal dari Rusia, menurut Beliau arti tulisan ini adalah "40 Tahun Kemenangan" yang dimaksud adalah kemenangan setelah Perang Dunia ke II, dengan demikian bisa disimpulkan bahwa Samovar ini dibuat pada tahun 1985.. Terima kasih kepada teman baru saya..

Status: S O L D 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ibu ga norak kok.. sampe tulisannya selesai pun.. *gubragh.. aku ora mudheng xixixi..

mungkin kalo di jepang samovar itu perabot minum sake yah? *lebih parah sok taunya hahaha...

Koleksi Tempo Doeloe Ku mengatakan...

Hahahaha... Aku tau kalo ini pasti Dimas kaan?
Terima kasih sudah bilang aku nggak norak...:)

Bukan perabot u/ minum Sake Mas, tapi sama sj seperti panci untuk merebus air buat minum teh, cuman ini bisa dituang ke poci langsung lewat kerannya. hehehehe...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...