.:

Rabu, 02 Februari 2011

Stand Lumpang Rastik

Stand Lumpang Rastik

Ada teman saya bertandang ke Roemah Tempo Doeloe kami, belum juga masuk kedalam roemah Beliau tertegun dan bertanya, "ini apaan sih?" sambil menunjuk ke hiasan berdiri di samping kanan pintu masuk roemah kami. Memang bagi yang tidak terbiasa dengan barang-barang tempo doeloe pasti akan bingung melihat hiasan ini terlebih lagi bagi anak jaman sekarang yang sedari kecil sudah dikenalkan dengan semua peralatan modern yang serba canggih. 
Hiasan ini saya namakan Stand Lumpang Rastik karena memang terbuat dari bekas lumpang/lesung kayu jati solid yang utuh tanpa sambungan. Anda pasti masih ingatkan apa itu lumpang/lesung? saya pernah menuliskannya pada koleksi saya terdahulu, namun daripada Anda repot buka-buka file lama baiknya saya kasih lagi ya. Lesung/lumpang adalah alat tradisional yang pada masa lalu digunakan oleh masyarakat desa untuk memisahkan padi dari tangkainya, padi kering dimasukkan ke dalam lesung kemudian ditumbuk dengan alu secara berirama.

Saya mendapatkan Stand Lumpang Rastik ini dari salah seorang kolektor di Jakarta, menurut Beliau hiasan ini sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun lalu saking tuanya lihat saja kayunya sudah ter-erosi oleh cuaca, namun justru hal ini membuatnya semakin antik dan tampilannya yang kokoh tetap tidak terpengaruh oleh usianya. Bentuknya yang aneh membuat hiasan ini semakin indah dan menarik untuk dijadikan salah satu elemen dekorasi roemah kami.



Mobile: 082-111-011-968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...