.:

Kamis, 10 Februari 2011

Stand Lumpang Topeng

Stand Lumpang Topeng

Hiasan ini saya namakan Stand Lumpang Topeng karena memang terbuat dari bekas lumpang/lesung kayu jati solid yang utuh tanpa sambungan. Anda pasti masih ingatkan apa itu lumpang/lesung? saya pernah menuliskannya pada koleksi saya terdahulu. Kalau saja saya tidak diberitahu bahwa hiasan ini berasal dari kayu bekas lumpang mungkin saya tidak akan pernah menyangkanya, karena tidak terlihat sama sekali tanda-tanda bekas lumpang pada hiasan ini.

Saya mendapatkan Stand Lumpang Topeng ini dari salah seorang kolektor di Jakarta, menurut Beliau hiasan ini sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun lalu saking tuanya ada beberapa bagian kayu yang sudah ter-erosi oleh cuaca, namun justru hal ini membuatnya semakin antik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Bentuknya yang unik menyerupai topeng wajah manusia dengan menggunakan hiasan kepala yang saya sendiri pun kurang tahu hiasan kepala ini biasa digunakan oleh suku apa, membuat hiasan ini semakin indah dan menarik untuk dijadikan salah satu elemen dekorasi Roemah Tempo Doeloe kami..



Mobile: 082-111-011-968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...